Kolesterol Rendah Belum Berarti Sehat

Mungkin dari Kamu ada yang mempunyai kolesterol rendah serta merasa aman untuk makan sepuasnaya ketika berlebaran. Tetapi berhati-hati, belum tentu Kamu aman dari penyakit bawaan dari kolesterol.

Kolesterol mempunyai 3 jenis, yakni low-density lipoprotein (LDL), High-density lipoproteins (HDL), serta trigliserida. Kadar LDL serta trigeserin mesti rendah untuk menempatkan kondisi kolesterol normal.

Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah dan Bintaro Jaya dr. Franciscus Ari, Sp. PD menjelaskan kalau test kolesterol yang sering ada di apotek ataupun toko obat cuma menunjukkan jumlah kolesterolnya saja. Untuk mengetahui lebih detail, seharusnya Kamu mengunjungi laboratorium.

“Sering kali jumlah kolesterolnya normal, tapi jika LDL ataupun trigliseridanya tinggi ya ini nggak bagus,” kata dr. Ari.

Kamu mungkin tak sadari kalau melaksanakan test jumlah kolesterol saja kalau cuma test biasa. Perlu ada test secara terperinci untuk mengetahui kadar dari masing-masing jenis untuk menempatkan Kamu dalam posisi kolesterol normal.

Sedangkan setelah kolesterol tinggi, berdasarkan dr. Ari, tak akan mudah untuk turun kembali. Perlu ada tahapan guna membuat jumlah LDL serta trigliserida jadi normal, ataupun dibawah 100.

“Ini mesti cek ke dokter serta baru dapat di ketahui penurunannya setelah 3 bulan,” terang dr. Ari.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*